ABSTRAKSI
Arif Subroto (13091392), Perancangan
Program Pengenalan Perangkat Komputer Hardware Dan Software Dengan Media Game
Menggunakan Visual Basic 6.0
Kemajuan teknologi memberikan
banyak kemudahan dalam kehidupan manusia. Salah satu contohnya adalah untuk
membantu menyelesaikan masalah – masalah dalam dunia pendidikan yang mengarah
pada pengembangan sumber daya manusia. Contoh dari kemajuan teknologi adalah
adanya sistem komputerisasi diberbagai instansi khususnya instansi pendidikan.
Dalam hal pendidikan, komputer dapat
dipergunakan sebagai alat bantu ( media ) dalam proses belajar mengajar, baik
untuk guru/dosen maupun siswa/mahasiswa. Komputer juga bisa berfungsi sebagai
media tutorial, alat peraga dan juga alat uji. Pengumpulan materi yang
dilakukan melalui buku referensi dan media internet. Selanjutnya merancang
suatu sistem dengan membuat flowchart.
Setelah itu baru dilaksanakan
proses pembuatan game dengan cara membuat desain tampilan program dan
menuliskan kode – kode program dalam bahasa visual basic. Langkah terakhir
adalah pengujian program.Program game ini berisi tentang materi dan ilustrasi
praktek pengenalan perangkat keras dan sistem operasi komputer dimana untuk
materi pengenalan perangkat keras dan sistem operasi komputer disajikan secara
menarik dan untuk mengingat ulang tetang materi yang telah dipelajari disajikan
seperti game yang memiliki tingkat kesulitan dan level tertentu.
Tampilan game yang menarik,
iringan musik yang unik, serta fasilitas untuk seorang administrator game untuk
melakukan pengaturan materi praktek pengenalan komputer, gambar ilustrasi
praktek pengenalan komputer, dan iringan musik yang unik menambah keunikan dari
game ini. Program game ini masih memerlukan banyak penyempurnaan, sehingga
dapat dikembangkan menjadi game yang lebih sempurna.
Kata Kunci: Pembuatan Game, Pengenalan Perangkat
Komputer
ABSTRACT
Arif Subroto (13091392) Program Design Introduction to
Computer Hardware And software With Media Game Using Visual Basic 6.0
Advances in technology provide many convenience in human life. One example is to help solve problems in education that lead to the development of human resources. Examples of technological advances is a computerized system in various institutions, especially educational institutions.
In terms of education, the computer can be used as tools (media) in teaching and learning, both for teachers
/ lecturers and
students / students. The computer
can also serve as
a tutorial, teaching aids and test equipment.The
collection of material that is made
through reference books and internet
media. Further design
a system to create a flowchart.
After that game-making process carried out by making the design look
of the program and write the code in
visual basic program. The final step is the testing program.This game
program contains material
about practice and
the introduction of an illustration
of hardware and operating
system the computer where the material for the
introduction of hardware and computer
operating system are
presented in an interesting and
to remember the neighbor
re-learned the material presented as a game
that has a difficulty level and
a certain level.
Display an interesting game, a
unique musical accompaniment,
as well as facilities for a game administrator to set a practical
matter the introduction of computers,
computer illustration recognition practices, and
unique music that adds to the uniqueness of
this game.This
game program still
needs many improvements, so that
could be developed into a more perfect game.
Keywords: Making Games, Introduction to computer design
Keywords: Making Games, Introduction to computer design
Tidak ada komentar:
Posting Komentar